Optima Auqotus Shifa

Pemalang, 7 Juni 2012

Optima Auqotus Shifa lahir dari hasil akulturasi Tegal dan Pemalang dengan nama ayah Sri Kuncoro Suharno Putro (fb: Tjoro Koen Rasta) dan ibu Lilis Hendrawati (fb: Lilis Hendrawati). Hari Senin pagi pada tanggal 4 Juni 2012 pukul 05.33 merupakan momen pertamanya berteriak lantang dengan tangisan untuk menunjukkan eksistensi di dunia.

Alhamdulillah… Proses persalinan yang berdurasi 3 hari (Sabtu sore hingga Senin Pagi) berakhir dengan kelahiran bayi seberat 4 Kg dan panjang 50 Cm. Rumah Sakit Umum Islam Harapan Anda Kota Tegal menjadi tempat lahir dan ruang Gardenia Kelas 1 sebagai lokasi transit selama 3 hari sebelum menuju rumah di Kelurahan Beji Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang.

Arti dan Makna Nama Optima

Hari ketiga merupakan saat bagi kedua orang tuanya untuk menentukan nama yang menjadi pesan sekaligus doa baginya. ‘Optima Auqotus Shifa’ merupakan 3 kata yang berasal dari tiga bahasa. ‘Optima’ berasal dari bahasa Latin yang kemudian diserap bahasa Indonesia menjadi ‘optimal’ dan bermakna ‘terbaik’; ‘paling menguntungkan’ (Kamus Bahasa Indonesia, Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional Jakarta, 2008). Pemilihan kata Optima sebagai nama awal juga merupakan harapan dari kedua orang tuanya agar dia bersikap OPTIMIS dalam menjalani hidup.

Arti dan Makna Nama Auqotus

‘Auqotus’ (kata aslinya ‘auqot’) merupakan kata yang diambil dari bahasa Arab dan mempunyai arti waktu – waktu. Untuk menjadi orang yang beruntung (tidak rugi) maka dia harus memperhatikan, memanagemen, dan memanfaatkan waktu. ‘Auqot’ mendapat tambahan ‘us’ (menjadi aukotus) karena bertemu dengan kata berikutnya yang berawalan huruf ‘s’, yaitu ‘Shifa’.

Arti dan Makna Nama Shifa

Kata ‘shifa’ (sebagai nama panggilan) diambil dari judul buku yang ditulis oleh Ibnu Sina yang berjudul Al – Shifa. Buku tersebut membahas tentang Bumi dan menjadi rujukan (referensi) bagi ahli – ahli Geologi di dunia. Di berbagai sumber, disebutkan bahwa kata ‘shifa’ juga berarti bening, bersih, mempesona (mungkin dalam bahasa jawanya asri, He…66X).

Meski bukan rangkaian kalimat dari bahasa yang sama, namun ‘Optima Auqotus Shifa’ dapat menunjukkan satu alur yang berangkai, legato, sustenuto, atau bahasa lainnya sustainable. Perhatikan penggalan kata dan huruf yang digarisbawahi. Pada kata pertama (Optima) diakhiri dengan huruf ‘a’ yang sekaligus menjadi huruf awal pada kata kedua (Auqotus). Begitu juga ‘s’ yang menjadi huruf akhir kata kedua sekaligus menjadi huruf pertama kata ketiga (Shifa).

Harapan Nama Optima Auqotus Shifa

Kesimpulannya, nama Optima Auqotus Shifa diberikan agar anak tersebut mempunyai sifat memanfaatkan waktu dengan baik sehingga menjadi orang yang beruntung (tidak merugi). Menjadi insan yang menyejukkan dan memotifasi lingkungan dengan ilmu pengetahuannya, bekerjasama dengan baik (kolaburatif) serta berkesinambungan (sustainable). Amien…66X.

Mohon doanya dan terima kasih…..

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Optima Auqotus Shifa"

Posting Komentar

Silahkan menulis komentar untuk kebaikan anda, saya, dan orang lain...