Rabu, 25 Juni 2014

Cewek MTs N Babakan Juga Bisa Ngeband

Jika selama ini anda masih mempunyai persepsi bahwa MTs identik dengan pelajaran agama, itu benar. Namun, jika anda beranggapan bahwa pendidikan di MTs tidak tersentuh dunia modern, maka persepsi anda sudah tidak tepat lagi.
 
Meski kebenaran bahwa pelajaran di MTs (Madrasah Tsanawiyah) didominasi ilmu agama, namun peserta didiknya tidak menutup diri dari perkembangan dan kemajuan teknologi dan seni. Hal ini ditunjukkan dari beberapa penampilan yang dilakukan oleh putra-putri MTs Negeri Model Babakan dalam Perpisahan Kelas IX Tahun Ajaran 2013-2014.
  

Seperti yang anda lihat di foto, beberapa cewek yang menjadi santri kelas VIII MTs Negeri Babakan sedang mempersiapkan penampilan bandnya untuk menghibur tamu undangan. Band ini dibentuk sebagai implementasi dari upaya mewujudkan emansipasi wanita di lingkungan pesantren. Hasilnya sudah bisa ditebak, perform pertama mereka mendapatkan aplus meriah dari para tamu undangan yang hadir.

Bagi penulis sekaligus pelatihnya, mempersiapkan performa mereka menjadi hal yang sangat istimewa. Di tengah lingkungan pondokan yang masih memprioritaskan kesenian Islam, pemisahan antara kelas siswa dan kelas siswi, fasilitas dari personil untuk latihan yang tidak sebebas lembaga pendidikan lainnya, padatnya jadwal personil (mengikuti madrasah di siang-sore harinya). Namun, semangat dan optimisme mereka memberi kemampuan lebih besar dan hasil yang lebih baik. Hal ini juga didukung fasilitas madrasah yang memberikan tempat latihan tenang dan nyaman.

Berikut ini kami sajikan, salah satu perform mereka yang berhasil direkam penulis pada saat membawakan lagu I`m Yours milik Jason Mraz dalam versi akustik:


Keberhasilan performa mereka juga mendapat apresiasi dari para alumni yang hadir dan memberi support. Bahkan, sebagian dari mereka menyatakan kaget atas keberanian dan keberhasilan cewek-cewek kelas 8 MTs N Babakan tampil sebagai personel band.

Apapun pendapat mereka... Tidak akan menyusutkan perjuangan kami menuju progres.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menulis komentar untuk kebaikan anda, saya, dan orang lain...