Khalisya Afsheen

Alhamdulillah...
Dua tahun setelah kelahiran Optima Auqotus Shifa (Senin, 04 Juni 2012), pasangan suami-istri Sri Kuncoro SP dengan Lilis Hendrawati dikaruniai putri kedua. Proses kelahiran anak kedua ini berlangsung normal pada hari Sabtu tanggal 14 Juni 2014 di rumah sekaligus tempat praktek Bidan Sri Mulyati, A.Md. Keb. yang merupakan neneknya dengan dibantu tantenya yaitu Deprinkes Wanito SP, A.Md. Keb. Khalisya Afsheen, nama yang disepakati keluarga sebagai penanda sekaligus harapan (cita-cita) yang ingin dicapai.

Arti dan Makna Nama Khalisya

Kata pada nama pertama, yaitu Khalisya, merupakan akronim dari 'Khalis' dan 'Isya'. 'Khalis' dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia mempunyai arti bersih. Sedangkan 'Isya' merupakan salah satu waktu diantara lima sholat wajib yang dilaksanakan pada malam hari seteleh sholat Maghrib.

Arti dan Makna Nama  Afsheen

Istilah pada nama kedua, yaitu 'Afsheen', menurut beberapa literatur mengandung arti bersinar seperti bintang di langit. Nama Afsheen mendapat inspirasi dari kondisi malam pada saat ia lahir diterangi cahaya bulan dan bintang yang cerah.

Kelahiran Khalisya Afsheen

Awal pembukaan pertama sebagai tanda kelahiran Khalisya Afsheen dirasakan oleh ibunya sejak pagi hari (subuh). Proses persalinan didampingi dan dibantu nenek serta tantenya dengan sabar dan penuh harapan hingga kelahirannya dengan selamat setelah prosesnya mencapai lima waktu sholat wajib yang dimulai dari Subuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya.

Jika merujuk kalender Hijriyah, Khalisya Afsheen lahir pada malam menjelang Ahad 16 Sya`ban 1435 H. pukul 19.01 WIB. Waktunya tepat ketika adzan tanda sholat Isya dikumandangkan oleh Chandra salah satu muadzin Musholla Baitussajidin yang berlokasi di depan rumah. Jeritan tangis pertama bayi dengan berat 3,6 Kg dan panjang 50 Cm diiringi pujian sebelum Iqomat dengan lantunan syair "Al 'Itiraf" karya Abu Nawas yang dapat dimaknai dengan 'sebuah pengakuan'.

Harapan dari Nama Khalaisya Afsheen

Harapan dari pemberian nama Khalisya Afsheen adalah tingkah lakunya agar senantiasa bersih (khalis) baik jasad maupun batinnya dan menjaga diri untuk rutin melaksanakan sholat wajib lima waktu. Bisa menjadi cahaya yang menerangi serta menjadi navigasi bagi suatu perjalanan. Seperti bintang (afsheen) yang menjadi rujukan bagi ahli astronomi dalam menentukan arah dan hitungan waktu. Amien...66X.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Khalisya Afsheen"

  1. Alhamdulillah, selamat ya pak kuncoro. Semoga menjadi anak yg sholihah dan berbakti. Nama yang indah pak.

    BalasHapus

Silahkan menulis komentar untuk kebaikan anda, saya, dan orang lain...