Lomba Qosidah Aksioma Tingkat MI Se-Kabupaten Tegal 2014

Berupaya menegaskan eksistensi Madrasah, Koordinator Kelompok Kerja Madrasah (K3M) sepakat untuk menyelenggarakan Lomba Qosidah tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI). Sesuai dengan temanya, "Madrasah Idolaku, Madrasah Labih Baik", Lomba Qosidah Aksioma terlebih dahulu dilakukan seleksi melalui Kelompok Kerja Madrasah (KKM) di tingkat kecamatan. Kegiatan seleksi tersebut bertujuan untuk menjaring bakat-bakat Peserta Didik tingkat MI yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Tegal.
 
Setelah dilakukan seleksi pada tiap kecamatan, Grup Qosidah terpilih mewakili KKM dalam final lomba yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 16 Desember 2014. Dari 18 Kecamatan di Kabupaten Tegal, 17 KKM ikut serta dalam perlombaan dengan mengirimkan perwakilannya di ajang final.
 
Final Lomba Qosidah Aksioma MI Tingkat Kabupaten Tegal bertempat di Pendopo Kecamatan Lebaksiu dilaksanakan sejak pukul 10.00 hingga 14.30 dengan juri:
  1. Agung Pramono (Ketua);
  2. Hj. Endang Sadiningsih (Anggota I);
  3. Sri Kuncoro SP., S.H (Anggota II).
Adapun lagu yang dibawakan oleh peserta terdiri dari dua jenis, yaitu:
  • Lagu Wajib “Shollatum...”;
  • Lagu pilihan, diantaranya:
  1. Sholatullah...;
  2. Sepohon Kayu;
  3. Bismillah;
Aspek penilaian yang disepakati dari dewan juri dalam Final Lomba Qosidah Aksioma Tingkat MI Se-Kabupaten Tegal diantaranya:
  1. Vokal;
  2. Aransemen;
  3. Harmonisasi;
  4. Ekspresi;
  5. Penampilan.
Hasil rekap penilaian dan kesepakatan Dewan Juri yang kemudian ditulis dalam berita acara penjurian dan tidak dapat diganggu gugat, akhirnya diputuskan sebagai juara adalah:
  1. Juara III diraih oleh Peserta Nomor Urut 08 dengan nilai total 1818 perwakilan dari MIN Slarang Kidul;
  2. Juara II diraih oleh Peserta Nomor Urut 14 dengan nilai total 1860 perwakilan dari MIN Adiwerna; 
  3. Juara I diraih oleh Peserta Nomor Urut 11 dengan nilai total 1875 perwakilan dari KKM MI Kecamatan Tarub.
Meski cabang Lomba Qosidah dalam Aksioma Tingkat MI Kabupaten Tegal ini baru pertama kali digelar, namun telah berhasil mendapat apresiasi baik dan membawa semangat untuk berkreasi. Keberhasilan tersebut membulatkan tekad bagi panitia untuk berkomitmen melaksanakannya minimal dua tahun sekali. Selamat untuk panitia dan pemenang serta tetap semangat untuk seluruh peserta yang telah menjadi juara.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Lomba Qosidah Aksioma Tingkat MI Se-Kabupaten Tegal 2014"

Post a Comment

Silahkan menulis komentar untuk kebaikan anda, saya, dan orang lain...