Review Positif Suzuki Katana Jimny Indonesia (SKIn) Sebagai Badan Hukum

Sebuah komunitas akan berkembang dengan baik apabila mempunyai organisasi yang sistemik dan tersusun sinergis. Organisasi ini dijalankan oleh pengurus yang berfungsi sebagai penggerak (motivator) sekaligus pengarah anggotanya agar dapat bekerjasama dalam mencapai tujuan tertentu. Didalam organisasi juga harus terdapat peraturan dan tata tertib yang tercantum pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) sebagai acuan membuat suatu keputusan.

Dimilikinya AD/ART juga merupakan salah satu indikator baiknya nilai dan kualitas sebuah organisasi. Indikator lainnya adalah legitimasi dari lembaga terpercaya atau mendapat pengakuan dari pejabat berwenang, seperti notaris, tentang pendirian suatu organisasi.

Berdasarkan pengamatan penulis, salah satu organisasi yang memiliki predikat baik dan menuju level Nasional adalah komunitas Suzuki Katana Jimny Indonesia atau biasa disebut SKIn. Meski belum menjadi anggota, baru dalam tahap menyukai jenis mobilnya, penulis berupaya objektif dalam membuat penilaian. Adapun alasan penulis memberikan nilai positif untuk SKIn adalah sebagai berikut:

Pertama, SKIn memiliki dasar hukum dalam menjalankan organisasinya.

Meski pada awalnya terdaftar di Notaris di Surabaya (Akte Notaris - PPAT Evie Mardiana Hidayah, SH No. 41 Tanggal 09 Maret 2013), kini telah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM nomor AHU-450.60.10.2015 tentang Pendirian Badan Hukum Suzuki Katana Jimny Indonesia (SKIn). Hal ini menunjukkan bahwa SKIn telah resmi diakui Pemerintah menjadi organisasi legal yang mempunyai hak dan kompeten melaksanakan kewajiban. Dengan demikian, SKIn setara dengan perusahaan atau institusi yang punya payung hukum sehingga dapat menjalankan organisasinya secara mandiri sesuai dengan AD/ART, melakukan perjanjian, dan dapat mempunyai kekayaan yang terlepas dari para anggota namun untuk kebersamaan anggotanya.

Kedua, SKIn memiliki solidaritas dan persaudaraan yang kuat

Menurut beberapa sumber solidaritas merupakan rasa kebersamaan, rasa kesatuan kepentingan, rasa simpati sebagai salah satu anggota dari kelas yang sama. Solidaritas dalam sebuah organisasi juga bisa di artikan perasaan atau ungkapan dalam suatu kelompok yang dibentuk oleh kepentingan bersama. Bukti nyata bahwa SKIn memiliki solidaritas kuat adalah umur dari organisasinya. Sejak awal kemunculannya tahun 2001 hingga perkembangannya sekarang yang semakin pesat, SKIn berhasil menepis perbedaan dan bisa menapaki jenjang lebih tinggi menuju tingkat nasional. Logikanya, jika tidak mempunyai solidaritas yang kuat, SKIn tidak akan mampu bertahan lama. Realitanya, SKIn mampu berkembang di tiap daerah dengan jumlah anggota yang terus bertambah. Solidnya anggota dalam hubungan internal juga menjadikan SKIn senantiasa ramai dengan aktivitas seperti Kopi Darat (Kopdar) dan Touring. Bahkan, kerap kali anggotanya menyertakan keluarga dalam acara-acara SKIn sehingga menciptakan kesan brotherhood (persaudaraan) yang lebih erat pada komunitas ini.

Ketiga, SKIn memiliki toleransi dan kepedulian sosial tinggi

Pada pola hubungan eksternal, toleransi merupakan bentuk sikap saling menghormati dan menghargai antar kelompok dalam masyarakat atau dalam lingkup lainnya. Selain memiliki solidaritas tinggi pada sesama anggota SKIn, dalam hubungan masyarakatpun senatiasa rendah hati dan saling menolong. Coba amati dengan jeli, apakah ada pengendara mobil Katana atau Jimny yang ugal-ugalan di jalan raya...? Sejauh ini, sepanjang melintasi Pantura, saya belum pernah melihatnya. Mereka justru kalem, santai, dan enjoy saja saat dikejar kendaraan lainnya hingga terkesan dewasa dan enak dipandang mata. Mungkin hal ini tidak berlaku di areal off road yang kondisi medannya ekstrim. Mereka justru akan memperlihatkan dengan tegas kejantanan dan kegagahannya menaklukkan lintasan terjal penuh tantangan.
Kalau di jalan raya, kaum SKIn tidak banyak ulah malah justru banyak memecahkan masalah. Lihat saja beberapa video evakuasi mobil angkutan yang keluar dari lajur jalan dan dibantu oleh mereka. Atau menjadi derek bagi kendaraan yang ngadat di jalan dan berhasil mengusir kemacetan. Itu bukti SKIn punya kepedulian sosial yang tinggi.

Keempat, SKIn memiliki aturan yang jelas dan tegas pelaksanaannya

Kita sudah sering mendengar istilah komitmen, konsekuen, dan konsisten kan...? Kalau diartikan, komitmen itu merupakan janji pada diri atau orang lain (termasuk kelompok) yang tercermin dalam tindakan. Nah, ini nyambung dengan point kedua, bahwa anggotanya bersedia untuk mengikuti kopdar dan melaksanakan apa yang sudah dijadikan tata tertib SKIn. Sedangkan konsekuen adalah tindakan sesuai dengan apa yang diucapkan. Coba lihat di group facebook SKIn, rapi teratur, interaktif, dan pengurusnya aktif. Saat aturan group disosialisasikan, saat itu juga diberlakukan dengan tegas. Tidak ada lapak selain otomotif terkait mobil SKIn, tidak ada spam blog atau web yang bersifat junk link, dan nggak ada pornografi. Bahkan group pada tiap chapter-nya diwajibkan menggunakan identitas awalan yang sama. Silahkan anda bandingkan dengan group lainnya...
Konsisten merupakan sifat yang tidak berubah-ubah. Sebenernya ini bersifat progres, yaitu berjalan seiring dengan waktu tanpa ada batasan. Namun, selama ini aturan yang telah dibuat, sepanjang pengamatan penulis, belum ada perubahan yang melenceng dari AD/ART Organisasi SKIn. Justru pengurus senantiasa berjuang untuk menyeragamkan chapter di tiap daerah agar lebih terorganisir.

Kebenaran mengenai realita dari review ini mungkin bisa dirasakan langsung oleh pengurus dan anggotanya. Kompetensi saya hanyalah membuat opini sebatas kemampuan saya saat melihat dan membaca SKIn. Bagaimana dengan pendapat anda...?
Ada perbedaan persepsi...?
Atau ingin menambahkan lagi...?

Postingan terkait:

24 Tanggapan untuk "Review Positif Suzuki Katana Jimny Indonesia (SKIn) Sebagai Badan Hukum"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Satukan Jangan Pisahkan
    Bravo SKIn..

    ReplyDelete
  3. Terima Kasih sudah mau menulis tentang komunitas kami Suzuki Katana Jimny Indonesia "SKIn" yang saya tahu selama saya bergabung di keluarga besar SKIN ini bukan hanya tentang kumpul-kumpul saat kopdar saja tapi dalam SKIn ini saya sangat merasakan kekompakan antar member SKIn ini baik dalam 1 chapter maupun chapter2 di daerah lain. Saya Harap kebersamaam dan kekompakan kami ini dapat terus berkembang makin solid dan makin sukses kedepan nya.

    BRAVO SKIN "SATUKAN JANGAN PISAHKAN"

    (Ega SKIn Surockboyo 012)

    ReplyDelete
  4. terimakasih tulisannya terkait [SKIn]...Satukan Jangan Pisahkan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama...
      Semoga bermanfaat...
      Satukan...!

      Delete
  5. Wah ....mantap cak...Satukan jangan pisahkan...(chodod whonk racero O06 chapter Tulungagung)

    ReplyDelete
  6. Terima kasih atas nilai positif yg ditulis kan..."Satukan,Jangan Pisahkan"
    Chapter Baturaja SUMSEL

    ReplyDelete
  7. Satukan jangan pisahkan.
    Yang membuat bingung kalau dianggap badan usaha
    Itu jenis kegiatan kita. Kalau ikatan persaudaraan se-nusantara saya kira bagus.
    Gmn???? Apa usaha kita

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Kelak komunitas ini akan menjadi legenda dr sebahagian komunitas yg eksis di kancah indonesia..!
    SATUKAN JANGAN PISAHKAN..!!!
    (SATUKAN...!)

    ReplyDelete
  10. Komen apa ya.....

    SKIn tak cukup digambarkan dgn kata kata.....

    Satu yg pasti "luar biasa".

    ReplyDelete
  11. SKin itu kulit yg membungkus daging rasa persaudaraan antar saudara se jimkat setanah air....

    ReplyDelete
  12. Semoga kedepan nya.. Skin makim berkembamg ke berbagai daerah dengan menyamakam persepsi dan tetap kompak.. Bravo Skin... " Satukan Jangan Pisahkan"

    ReplyDelete
  13. Kelak komunitas ini akan menjadi legenda dr sebahagian komunitas yg eksis di kancah indonesia..!
    SATUKAN JANGAN PISAHKAN..!!!
    (SATUKAN...!)

    ReplyDelete
  14. Terima kasih atas apresiasi positif dari para komentator...
    Ini akan memotifasi saya untuk lebih aktif menulis...

    ReplyDelete

Silahkan menulis komentar untuk kebaikan anda, saya, dan orang lain...