Catatan Awal Gabung Bersama Rasa Rasta Band Reggae (Tidak Harus Gimbal) Tegal

Woi yooo......
Jawab dengan "Yo man, dunk..."
Salam damai untuk rastafarian (Pemain, Pecinta, Pendengar, Penggemar Musik Reggae) Tegal, Brebes, Pemalang..... (Sengaja, untuk kota lain belum terjamah) he...66X. Sudah pernah denger "Rasa Rasta"? Pioner Band Reggae Tegal Slawi (Galawi) yang muncul dari hasil kolaburasi komunitas vespa dan rocker.

Meski bukan pendiri Rasa Rasta, namun saya mendapat kesempatan untuk mengikuti perkembanganya sejak didaulat menjadi keyboardis sekitar tahun 2008.

Rasa Rasta Pelopor Band Reggae Pantura

Rasa Rasta merupakan Band Reggae dari Slawie yang di `Leader` i oleh Heru Gimbal dari Posong (Slawie Wetan) dan membawakan lagu-lagu milik Om Bob, Mas tony Q, Rastafara, Steven n Coconaut Trezz.  Saat saya bergabung bersama, mereka sudah membuat 3 (tiga) demo lagu dengan konsep modern serta digirock reggae ber-title: Imagilusion, Just Feel The Fly, dan Dream will Come True... Untuk lebih detilnya, silahkan berkunjung di bagian postingan berikut ini:
Rasa Rasta Band Reggae Tegal
Rasa Rasta telah melakukan petualangan di dunia musik Reggae sejak tahun 2006 dan berhasil meng-influensa pangsa pasar musik dan hiburan di wilayah pantura. Di bawah bendera indie managemen Rasa Rasta memiliki basecamp di sekitar Slawi, diantaranya: AAS (Alun-Alun Slawi), Rumdin (Rumah Dinas) Bupati Tegal, Ruko (Rumah Toko) Komplek Perdagangan Slawi, BCA.

Reuni, Awal Bergabung dan Menjadi Keyboardis Rasa Rasta

Bergabungnya saya menjadi personel Rasa Rasta merupakan imbas dari mundurnya Abeng (keyboardis) yang berencana untuk fokus bisnis dan bekerja. Abeng merupakan salah satu Keyboadis Tegal yang potensial dengan skill dan imajinasi berkualitas tinggi. Ini terbukti dari irama dan melodi yang unik ditambahkannya pada lagu-lagu Rasa Rasta hingga memiliki karakteristik kuat.

Kondisi ini kemudian direspon oleh personel Rasa Rasta lainnya untuk segera mencari pengganti sambil tetap mempertahankan Abeng hingga mendapat keyboardis yang dianggap tepat. Melalui Yulis (bassis) dan Izzal (Guitaris), saya diperkenalkan dengan Heru Gembel (Vokalis) di rumah Bidan Sri Mulyati (ibune inyong).

Perkenalannya memang singkat, namun obrolannya yang padat. Bayangkan, Yulis yang notebennya dulu merupakan teman sekolah saat SMA dan sering nongkrong bareng, baru ketemu setelah kurang lebih 7 tahun usai kelulusan. Begitu juga Izal, dulunya bergabung sebagai personel Silet Band yang beberapa kali perform bersama dalam festival musik pelajar, baru ketemu setelah saya lulus kuliah. Mereka mengajak saya belajar dan bergabung bersama komunitas Musik Reggae.

Prinsip Saya Saat Gabung Bersama Rasa Rasta

Awal bergabung sebenarnya merasa nerveus, grogi, canggung alias kurang percaya diri karena beberapa alasan, diantaranya:
  • Pertama, saya tidak punya basic dan pengetahuan tentang musik reggae.
  • Kedua, saya sendiri bukan berasal dari komunitas Reggae maupun Vespa dan merasa tidak bisa untuk menjadi sepeti mereka.
Namun motivasi dari dua temenku inilah yang kemudian menjadi spirit besar untuk memutuskan bergabung bersama mereka. Selain itu, sambutan dari personil Rasa Rasta yang Welcome To My Paradise dan sikap mau menerima kemampuanku apa adanya membuat betah berinteraksi dengan mereka dan komunitasnya.
Reggae gak harus gimbal... Gimbal gak slalu reggae... Reggae gak harus baganjo... Ganjo ga slalu reggae... Reggae musiknya `pecinta damai'.
Syair di atas merupakan penggalan lirik lagu "Reggae Dot Com" milik Tony Q Rastafara yang bisa dikatakan sudah familier dengan insan Reggae Indonesia. Petikan lagu tersebut merupakan gambaran sekaligus prinsip yang saya pegang ketika bergabung dengan komunitas Reggae di wilayah Tegal Slawi atau Galawi.
Rasa Rasta dalam Catatan Awal Band Reggae Tegal
Tidak perlu berambut gimbal, tidak harus memiliki vespa untuk bergabung bersama mereka. Karena pada dasarnya mereka menerima siapa saja yang ingin bergabung bersama dan menjadi keluaraga.
Akhirnya saya mendapatkan konklusi, bahwa dalam berkomunitas yang terpenting adalah karakter kuat untuk berbagi dan mengisi serta saling melengkapi. Bukan sekedar untuk mengikuti.
Sebenernya, banyak yang ingin diceritakan tentang `Rasa Rasta` di sini. Pengen juga meng Up load foto, Klip, lagu Rasa Rasta..... Tapi maaf, harus nunggu untuk sementara... alias di pending dulu.
Soalnya, saya sendiri belum konfirmasi ke personelnya...

Tapi jika mau mengomentari soal style, performance, skill, harmonisasi personelnya (pokoknya semua tentang Rasa Rasta), kami menyambutnya dengan kembali menyebutkan kalimat `Welcome To My Paradise` (Meminjam Judul Lagunya steven n Coconut Trezz).

Kami merasa Terhormat dan berterima kasih, jika mendapat perhatian dari Pembaca melalui komentar dan undangan Panjenengan.....
matur teng Kyu.....

CP:
Rasa Rata Management

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Catatan Awal Gabung Bersama Rasa Rasta Band Reggae (Tidak Harus Gimbal) Tegal"

  1. nice reggae band .. saya saluit dengan perjuangan teman2 rasa rasta..

    BalasHapus
  2. Terima kasih... Doakan agar mereka tetap eksis mengembangkan musik (Khususnya Reggae)...

    BalasHapus

Silahkan menulis komentar untuk kebaikan anda, saya, dan orang lain...