Rabu, 22 Mei 2013

Pondasi Pagar Keliling TPU Dukuh Kluwih Penusupan

Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dukuh Kluwih Desa Penusupan merupakan tempat yang mempunyai luas mencapai kira - kira ? m dan dimanfaatkan oleh warga desa Penusupan serta sebagian warga desa Depok Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal untuk memakamkan jenazah anggota keluarganya.

Setelah beberapa tahun merencanakan pemasangan Pagar Makam, kini perlahan namun pasti program tersebut mulai terealisasi dengan diawali pemasangan pondasi pagar keliling makam. Tujuan Pemasangan Pondasi Pagar Keliling Makam Dukuh Kluwih Desa Penusupan Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal:
  1. Mengurangi resiko erosi tanah yang terkikis dan terbawa air hujan sehingga mengakibatkan permukaan tanah semakin rendah dan luas tanahnya berkurang;
  2. Memperindah dan merapikan penampilan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dukuh Kluwih Desa Penusupan Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal.
Sumber dana yang digunakan dalam membiayai pemasangan Pondasi Pagar Keliling TPU Dukuh Kluwih berasal dari Paguyuban atau Organisasi yang bergerak dibidang Pengurusan Jenazah yang notebene-nya milik dan untuk masyarakat Dukuh Kluwih (Desa Penusupan) serta Desa Depok Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal. Dana ini dihimpun dari iuran masyarakat sebesar Rp. 1000,-/orang yang ditarik setiap Malam Jum`at Kliwon. Kegiatan organisasi warga ini sudah berjalan lebih dari 5 (Lima) tahun serta memeroleh kas yang cukup untuk belanja bahan - bahan yang diperlukan untuk membuat Pondasi Pagar Keliling TPU Dukuh Kluwih.
Adapun tenaga pemasangan juga dilakukan secara swadaya oleh warga dengan bergotong - royong atau kerja bhakti. Konsumsi makanan selama pemasangan dikirim oleh warga sendiri secara ikhlas tanpa ditunjuk. Proses pemasangan Pondasi Pagar Keliling Tempat Pemakamam Umum Dukuh Kluwih Desa Penusupan dilakukan selama 3 (Tiga) hari dibulan Mei tahun 2013 yaitu tanggal 5 (hari Minggu), 6 (hari Senin), dan 12 (hari Minggu). Panjang pondasi yang dipasang berjarak 60 meter dengan bahan bangunan: Batu 4 kubik Batu Bata 1000 buah Pasir rit Semen ? Sak. Kemudian bahan - bahan yang lebih, seperti batu dan pasir digunakan untuk merapikan bagian sisi jalan yang berbatasan langsung dengan elon (sungai kecil).
Dalam proses pemasangan pondasi tersebut sekaligus dilakukan juga perapian jalan di sebelah makam yang menjadi akses antara Desa Depok dengan Desa Pener. Semoga dengan dilaksanakannya pembangunan tersebut, bisa menjadi motivasi bagi warga desa untuk lebih meningkatkan kerjasama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menulis komentar untuk kebaikan anda, saya, dan orang lain...

Artikel Terbaru Komukote