Logo Universitas Pancasakti (UPS) Tegal

Universitas Pancasakti (UPS) Tegal berdiri pada tanggal 1 Maret 1980 dan merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Pancasakti Tegal dan beralamat di Jl. Halmahera KM. 01, Mintaragen, Tegal Timur., Kota Tegal, Jawa Tengah 52121, Indonesia.

Berupaya untuk mempermudah pengguna internet dalam mencari dan menemukan logo Universitas Pancasakti (UPS) Tegal, kami sajikan dalam bentuk warna dan tanpa warna. Bagi yang mau mengunduh, silahkan:
  • Logo Universitas Pancasakti (UPS) Tegal Dengan Warna:

  • Logo Universitas Pancasakti (UPS) Tegal Tanpa Warna (Putih-Hitam):
Gambar diperoleh dari salah satu teman yang telah menyelesaikan studinya di Universitas Pancasakti (UPS) Tegal pada tahun 2014.

Makna Logo dan Bendera Petaka Universitas Pancasakti Tegal

Logo yang dikemas dalam bentuk segi lima tersebut menjadi lambang Universitas Pancasakti dengan isi dan makna atau arti sebagai berikut:
  1. Perisai Pancasila dengan segala isi dan maknanya yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
  2. Tangan memegang obor, melambangkan fungsi pendidikan.
  3. Beralaskan buku terbuka dan diapit dua buah bulu sebagai lambang dari ilmu pengetahuan.
  4. Latar belakang lambang berwarna biru laut melambangkan kedalaman ilmu
Adapun Bendera Pataka atau panji yang digunakan oleh Civitas Akademika Univeristas Pancasakti Tegal adalah menggunakan background warna dasar sebagai berikut:
  • Universitas berwarna Kuning.
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan berwarna Hijau.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik berwarna Orange.
  • Fakultas Perikanan berwarna Biru Muda.
  • Fakultas Hukum berwarna Merah.
  • Fakultas Ekonomi berwarna Abu-abu
  • Fakultas Teknologi Industri berwarna Biru tua.
Sekedar informasi mengenai identitas, saat ini di Indonesia ada beberapa perguruan tinggi yang memiliki nama hampir sama atau serupa, yaitu:
  1. Universitas Pancasasila Jakarta
  2. Universitas Pancasakti Tegal
  3. Universitas Panca Sakti Makassar
Mengutip dari Wikipedia, Universitas Pancasakti Tegal sebelumnya bernama Universitas Pancasila Tegal (Akta Pendirian Nomor 26 Tahun 1979). Namun karena terbit Surat Edaran Mendikbud RI Nomor 07/MPK/1984 yang tidak memperbolehkan ada 2 (dua) nama Perguruan Tinggi sama (Universitas Pancasila di Jakarta), maka pada tanggal 1 Oktober dengan surat nomor C.IPRB/SK/YPP/1984 Yayasan Pendidikan Pancasila Tegal mengubah nama menjadi Yayasan Pendidikan Pancasakti Tegal.

Perubahan nama yayasan sebagai induk manajemen juga diikuti pula dengan perubahan nama Universitas Pancasila Tegal menjadi Universitas Pancasakti Tegal dan disingkat UPS Tegal. Namun demikian, harapannya tetap sama, yaitu dapat menjadi benteng Pancasila di wilayah Pantura khususnya Eks Karesidenan Pekalongan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Logo Universitas Pancasakti (UPS) Tegal"

Post a Comment

Silahkan menulis komentar untuk kebaikan anda, saya, dan orang lain...