6 Pemuda Kreatif Inspiratif Tegal

Pemuda merupakan aset potensial bagi kelangsungan regenerasi sekaligus indikator kualitas suatu generasi. Pada umumnya kondisi yang diharapkan adalah generasi muda yang ditandai dengan sikap kreatif sehingga mampu menjadi inspirasi bagi lingkungannya.

Kreatif, berarti mampu membuat sesuatu atau melakukan pengembangan dalam bentuk inovasi terhadap apa yang sudah ada sehingga bisa lebih praktis dan bermanfaat. Sedangkan Inspiratif, berarti bersifat persuatif atau mampu menggerakkan orang lain untuk melakukan hal yang sama atau lebih baik lagi.

Berkaitan dengan pemuda kreatif dan inspiratif, Komukote mencoba menulis secara objektif berdasarkan kemampuan analisis serta pengetahuan pribadi secara proporsional untuk me-ranking dalam enam daftar. Konteks tulisan ini tidak terikat pada nilai materi finansial yang dihasilkan, melainkan pada proses perjalanannya selama berjuang. Hal ini mengadopsi  konsep dari adagium yang berbunyi "indikator utama kesuksesan bukan pada hasil, melainkan pada prosesnya". Oleh karena itu, penulis tidak menjadikan kekayaan sebagai pertimbangan, melainkan mendasarkan pada:
  • Kesederhanaan dan sikap natural saat berinteraksi sekaligus bersosialisasi;
  • Karya yang dihasilkan bersifat lintas generasi dan profesi;
  • Konsistensi sebagai karakter dalam perjalanan berkaryanya;
  • Dedikasinya dalam spesifikasi bidang yang dijalani.
Berikut urutan enam pemuda kreatif dan inspiratif Tegal, silahkan disimak...

1. Malik Khidir (Programer Robotic)

Sumber Gambar Brillio
Diawali dengan bergabung di KSR (Kelompok Studi Robot), pemuda asal Tegal ini menjadi programmer dalam tim robot Universitas Gadjah Mada (UGM) dan menjuarai kontes robot di tingkat nasional hingga tingkat internasional.

Beberapa pengalaman Malik mengikuti kompetisi robot dunia diantaranya dalam ajang Trinity College Fire Fighting and Home Robot Contest Hortford Connecticut, USA 2013 dan mendapat medali emas dari robot pemadam kebakaran yang mampu mendeteksi lokasi dan kembali ke tempat asal. Prestasi lainnya adalah membawa pulang dua medali dari kontes Natcar Robogames di California, Amerika Serikat (AS) pada 2013, yang pesertanya berasal dari seluruh penjuru dunia baik tua maupun muda.

Berkat perjuangannya, pria yang masa kecilnya menjadi santri Ponpes Al-Barokah ini dipilih Kementerian Luar Negeri sebagai Outstanding Student of the World 2014 di Kanada dan mewakili Indonesia dengan prestasinya di bidang robot.

Menurut dia, prestasi ini merupakan buah hasil doa orang tua serta lingkungannya yang diperkuat kerja keras dan komitmennya untuk berhasil. Dia juga berpesan kepada kita dalam ucapannya yang dikutip dari sumber Brilio.net :
“Pesan saya kepada anak muda, keluarlah dari zona aman jika ingin berprestasi. Jangan bermalas-malasan. Kedua, bila kamu tak tahan lelahnya belajar nanti akan menanggung perihnya kebodohan di masa depan,”.

2. Sutono (Penulis Cerita Pendek)

Sumber Gambar G+ Sutono
Pria asal Adiwerna alumni SMU Negeri 3 Slawi ini mengalami perjalanan hidup yang luar biasa. Meski pernah menjalani pekerjaan yang berbeda-beda (pelayan toko bangunan dan koran), namun tetap konsisten terhadap hobinya membaca dan menulis.

Kemampuan menulisnya sebagian didapat dari hobinya membaca majalah dan koran, sebagian lagi dari hasil kerja kerasnya mengikuti pelatihan. Dari tahap mengkonsumsi buku, majalah, koran, diskusi baik dalam pelatihan maupun bersama rekan-rekan, kini dia mampu merubah ide sederhana menjadi karya luar biasa.

Hingga kini sudah puluhan karya yang dibukukan (dicetak penerbit) dan dimuat pada majalah serta koran tingkat nasional. Beberapa karya yang terinspirasi dari cerita masa kecilnya juga pernah mengantarkannya menjadi nominator dan pemenang diberbagai lomba cerpen.

Aktif dalam kegiatan rumah baca, menjadi ketua Forum Lingkar Pena (FLP) di wilayah tegal dan sering menjadi nara sumber di berbagai pelatihan menulis dari tingkat sekolah dasar hingga kampus. Tidak perlu ragu lagi terhadap Sutono-Suto Adiwerna, karna diberbagai media massa cetak (koran dan majalah) serta elektronik (internet), namanya sudah tidak asing lagi. Kesederhanaan dan kesukaannya berinteraksi dengan anak-anak serta orang dewasa membuat Sutono Suto Penulis Cerpen asal Adiwerna ini mudah diterima di komunitas manapun. Bagi yang belum percaya dengan kemampuannya, silahkan undang beliau untuk mengisi di kelas menulis dan Anda bisa menghubunginya dengan cara klik di sini: sutonosuto.

3. Teguh - Tege On%Off (Komposer Lagu)

Sumber Gambar FB Tege
Pria asal Balapulang ini sudah puluhan tahun konsisten di dunia musik baik lokal, regional, maupun nasional. Eksistensinya bersama band pengiring On%Off sudah tidak asing lagi di dunia entertainment Tegal. Suaranya yang serak menjadi ciri khas dan irama Rock serta Bluess menjadi karakter tambahan dalam sajian musiknya.

Puluhan lagu sudah berhasil ia ciptakan, baik dibawakan sendiri bersama band On%Off maupun dibawakan orang lain bahkan pejabat di Kabupaten Tegal. Beberapa lagu diciptakan menggunakan bahasa Indonesia, Tegalan, maupun kolaburasi dengan bahasa Inggris. Sumber inspirasi karyanya dia dapatkan dari lagu, film,  kuliner, Kamus dan Buku, Otomotif.

Hebatnya lagi, meski stylenya sederhana, namun punya kecerdasan luar biasa dalam mengolah ide kecil menjadi karya luar biasa. Tidak percaya, coba Anda undang beliau dalam event atau hajat anda untuk menghibur. Atau Anda bergabung dan berinteraksi dengannya saat nongkrong, minta dibuatkan lagu dari ide Anda, dan dia bisa membuatkan lagu dengan komposisi nilai estetika tinggi dan elegan.

4. Ade Hermayati (Penari Tradisional Tegalan)

Sumber Gambar FB Ade
Perempuan kelahiran 24 Desember 1995, di Desa Banjaranyar Kecamatan Balapulang ini belajar menari sejak duduk di bangku SD. Tarian yang pertama kali ia pelajari adalah Tari Topeng Endel yang tertutup topeng manis, berwajah putih, bermata lentik, berbibir merah, dan berhidung mancung. Hingga kini, alumni SMK Negeri 1 Slawi ini teah mengenal banyak tarian, diantaranya: Tari Lenggok Wangi, Tari Kuntul Tegalan, dan Tari Sekar Ayu.

Prestasi yang berhasil ia raih diantaranya menjadi Juara 3 Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat  Provinsi Jawa Tengah Tahun 2013 di Semarang. Menjadi pembuka Pentas Seni dan Budaya “Sendratari Legenda Gendowor: Babad Pemerintahan Kabupaten Tegal Abad 17 Masehi” pada Minggu, 9 Juni 2013 di Anjungan Jawa Tengah, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan berhasil mempesona para penonton.

Obsesinya, seperti yang dikutip dari K. Anam Syahmadani, adalah menjadi Suwitri: Sang Maestro Tari Topeng Endel yang telah lebih dulu mendunia di jagat seni tari dengan semangat "negali" untuk terus membawa nama Tegal harum.

5. Abdul Wahab (Blogger)

Sumber Gambar Islamynews
Meski tidak sempat menikmati bangku SMA tepatnya lulusan Paket B, lelaki kelahiran Tegal yang kini tinggal di Jl. Tumaritis 27 Harjomukti Cimanggis Depok, bisa memiliki media online sebagai sarana dakwah syiar agama sekaligus jual beli kaos dan buku. Keuntungan dari bisnis onlinenya itu, menurut pengakuan Wahab, untuk memberi beasiswa anak-anak yang memiliki kemampuan ekonomi lemah.

Dimotivasi oleh bapak dan ibunya, bahwa orang sukses tidak hanya mereka yang sekolah tinggi, anak ke-7 dari 9 bersaudara ini belajar di sebuah Pondokan daerah Tegal sekaligus belajar internet. Pernah menjadi penyapu jalan di Jakarta hingga menjadi pekerja perusahaan furnitur/desain interior yang mengantarkannya ke Papua untuk mengerjakan sebuah proyek hotel.

Setelah menuntaskan pekerjaannya, Abdul Wahab berkenalan dengan Antonius Rahael dan meminta tinggal di rumahnya serta meluaskan semangat Islam yang ramah bagi penduduk Papua. Uniknya, yang memintanya tetap tinggal adalah seorang Katolik, bahkan memperkenalkannya dengan banyak pastor dan pendeta.

Tiga tahun (2013 hingga 2016) ‘Petualangannya’ hidup di Papua, mempertemukannya dengan umat muslim yang kurang fasilitas dalam belajar agama Islam. Bermodal niat baik dan kemampuannya beradaptasi, Abdul Wahab pun membangun madrasah, membuka perpustakaan, serta berdakwah dengan berbagai cara. Meski demikian, masyarakat Papua pun tetap bersahabat dan mengenalkan ragam identitas kesukuan serta tradisi yang sangat menghormati demokrasi. Bahkan, salah satu anak dari Antonius Rahael ada yang beragama Islam, dan menjadi santrinya. Baginya, era sekarang bukan lagi era melihat perbedaan SARA. Seperti yang dikutip dari tulisan Kutipan favorit saya dari Abdul Wahab adalah: “Puncak agama adalah cinta.”

Prestasi yang peroleh Abdul Wahab diantaranya mendapat penghargaan dari Menteri Pemuda dan Olahraga sebagai Pemuda Inspiratif, dan penghargaan dari KNPI, sebagai Pelopor Pemuda Penggerak Perdamaian di tahun 2016. Selain itu, dia juga menjadi pembicara seminar yang diikuti para santri dan sarjana sebagai pesertanya.

Media online Abdul wahab setiap harinya dikunjungi lebih dari 1000 orang dengan jumlah follower mencapai 130.000. Untuk melihatnya, silahkan klik di Abdul Wahab Media Online dan tulisan ini diolah dari sumber referensi Regional Kompas serta Kompasiana

6. Siapapun Anda Punya Kesempatan Menduduki Posisi Ini

Di level ke enam ini saya tidak menentukan siapa yang layak menduduki posisi tersebut. Lalu kenapa?
Sebenarnya saya ingin memposisikan diri pada peringkat ini, namun karna merasa tahu diri posisinya sudah diraih oleh mereka yang ada di atas, akhirnya dengan rendah hati dan jiwa besar saya mengikhlaskan predikat ini. Just guyon, he...66X.

Salah satu alasan yang melatarbelakangi saya menyediakan space adalah memberi kesempatan bagi Anda untuk berpartisipasi dalam tulisan saya dengan bentuk memberikan usulan tentang siapa yang layak mendudukinya. Anda bisa memberikan ide melalui pendapat objektif maupun subjektif dalam menentukan peraih posisi keenam. Bahkan, anda juga bisa mengisi secara pribadi untuk menempati kedudukan dan menjabat di posisi keenam. Ini tidak akan mempengaruhi penilaian saya kepada anda sebagai insan yang memiliki karakter egosentris, loh... He...66X. Tapi dengan catatan, kalau usul jangan asal dan kalau asal jangan usul, nanti bisa kena stigma usil.

Demikian profil pemuda hebat dari Tegal, semoga bisa menginspirasi...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "6 Pemuda Kreatif Inspiratif Tegal"

Posting Komentar

Silahkan menulis komentar untuk kebaikan anda, saya, dan orang lain...