Jenis Pengguna Jalan yang Disukai Pengendara

Jadilah Pengendara yang Santun
Tulisan ini merupakan  bagian dari ekspresi atau ungkapan perasaan admin terhadap pengalaman yang dialami saat berkendara di jalan. Dalam konteks  tulisan ini, terdapat dua subjek yang bertindak sebagai pelaku, yaitu pengguna jalan dan pengendara. Pengguna jalan merupakan semua pihak yang beraktivitas dengan cara memanfaatkan jalan. Sedangkan Pengendara merupakan orang yang menggunakan kendaraannya sebagai sarana transportasi dan melalui jalan.

Persamaan antara pengguna jalan dengan pengendara terdapat pada bagian pemanfaatan jalan sebagai media untuk melakukan sesuatu atau mencapai tujuannya. Sedangkan perbedaannya pada cara atau metode yang digunakan dalam memanfaatkan jalan. Pengguna jalan bisa memanfaatkan jalan sebagai media untuk berjualan, berjalan kaki (termasuk menyeberang), dan juga termasuk menggunakannya untuk mengendarai kendaraan baik bermotor maupun tidak. Dari penjelasan tersebut, bisa disimpulkan bahwa Pengendara sudah termasuk dalam kategori Pengguna Jalan. Namun, Pengguna Jalan belum tentu pengendara.

Berdasarkan pengalaman mengendarai di jalan, maka admin mencoba menulis dan memposting "Jenis Pengguna Jalan yang Disukai Pengendara", yaitu:
  • Pejalan Kaki yang memanfaatkan fasilitas jalan dengan baik dan tepat, diantaranya:
    1. Menggunakan trotoar atau sisi samping jalan untuk berjalan;
    2. Memanfaatkan jembatan penyeberangan utnuk menyeberang ke sisi jalan yang lain;
    3. Jika tidak tersedia jembatan penyeberangan atau tidak terdapat petugas penyeberangan, Pejalan Kaki menggunakan etika menyeberang dengan memperhatikan kendaraan yang akan melalui jalan. Jika jarak kendaraan yang akan melalui jalan cukup dan memberi kesempatan untuk menyeberang, maka menyeberanglah dengan tenang.
  • Pengendara yang tertib dan teratur, diantaranya:
    1. Pengendara yang menggunakan atribut keamanan berkendara secara lengkap;
    2. Pengendara yang menghormati dan memberi kesempatan pengguna jalan lainnya;
    3. Pengendara yang melaju lambat atau santai dan berada di pinggir jalan, sehingga tidak menghambat dan menghalangi pengendara lain yang akan mengejar;
    4. Pengendara yang menggunakan aksesoris kendaraan standar dan tidak berlebihan;
    5. Pengendara yang fokus dengan laju kendaraannya, tidak terpengaruh kondisi di sekitar jalan. Jika ada sesuatu yang membuat penasaran, lebih baik berhenti dan memperhatikan objek yang membuat penasaran;
    6. Tidak melakukan aktivitas lain selain berkendara. Jika mau menggunakan ponsel, lebih baik berhenti di pinggir jalan dan keluar dari jalur kemudian baru menggunakan ponsel; Tidak merokok sambil mengendarai kendaraan.
Berikutnya, silahkan yang mau menambahkan...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jenis Pengguna Jalan yang Disukai Pengendara"

Post a Comment

Silahkan menulis komentar untuk kebaikan anda, saya, dan orang lain...