Kamis, 14 November 2013

Penusupan Di Jalur Jalingkos Kabupaten Tegal

Proyek Jalan Lingkar Kota Slawi Melalui Desa Penusupan
Jalingkos merupakan akronim dari Jalan Lingkar Kota Slawi yang pembangunannya dimulai sejak tahun 2005 dengan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja daerah (APBD) mencapai 15 Milliar. Jalur ini diperkirakan menempuh jarak 17,5 km dengan lebar 11 m, yaitu melalui Procot, Kendalserut, Dukuh Sembung, Curug, Penusupan, dan Dukuh Salam untuk sisi timur. Sedangkan sisi barat rencananya akan melalui Kalisapu saat ini masih dalam pembahasan, meski desainnya sudah ada.

Setelah beberapa tahun di sisi timur terhenti, dengan meninggalkan kesan jalan yang rusak parah, kini proyek tersebut dikerjakan lagi. Bahkan, salah satu ruas jalan di dekat pertigaan Dukuh Mingkrik Desa Penusupan, dilakukan teknik beton untuk mengatasi kondisi tanah yang labil. Sebelumnya juga telah dilakukan pengukuran ulang (uitzet) yang bertujuan untuk menyesuaikan gambar perencanaan dengan pekerjaan yang telah dilakukan sebelumnya.

Sebagian dari jalan tersebut, yang kerusakannya kurang dari 10% hanya dilakukan perbaikan. Sedangkan yang mengalami kerusakan lebih dari 10% akan dilakukukan adendum pekerjaan. Pemerintah Kabupaten Tegal berupaya keras untuk merealisasi Jalingkos di sisi timur dan menargetkan selesai tahun 2014.

Semoga tekad itu bisa terlaksana dengan baik sesuai dengan target dan harapan semua unsur masyarakat serta tidak meninggalkan permasalahan buruk. Amien...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menulis komentar untuk kebaikan anda, saya, dan orang lain...

Artikel Terbaru Komukote