Khotmil Qur`an Ibu-Ibu Dukuh Kluwih Penusupan Pangkah Tegal


Setelah belajar selama kurang lebih Empat tahun, kini Ibu-Ibu kaum Musholla Baitussajidin layak merasa senang ketika berhasil menyelesaikan bacaan Al-Qur`an. Keberhasilan ini merupakan rahmat Allah melalui pembinaan dan bimbingan dari Ustad Dukri yang dilakukan dua kali dalam satu minggu yaitu pada malam Minggu dan Malam Rabu.

Kegiatan belajar membaca Al-Qur`an tersebut dilakukan secara rutin di rumah salah satu anggota, yaitu Ibu Sri Rahayu yang merupakan istri dari Ketua RT 03 RW 03 Dukuh Kluwih Desa Penusupan Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal.

Sebagai bentuk rasa syukur, 32 peserta yang didominasi lansia, mengadakan tasyakuran pada hari Kamis (malam Jum`at) tanggal 24 April 2014 di lingkungan Musholla Baitussajidin. Acara tersebut dimulai sekitar pukul 20.30 hingga 00.00 yang dihadiri oleh masyarakat Desa Penusupan dan Depok, Bapak Khalimi selaku Kepala Desa Penusupan, serta Pengurus Jamaah Al-Fatah. Pada acara inti, diisi dengan tausiyah dari Al Ustad Aqna Takliki dengan iringan group Hadroh Al Fatah.

Pada resepsi Khotmil Qur`an ini juga dijadikan moment penting untuk mengenang dan memberikan doa terhadap Almarhum Bapak Muhazin (Sebelumnya juga menjabat Ketua RT dan pernah juga menjadi Kaum Musholla Baitussajidin) yang meninggal pada hari Rabu tanggal 23 April 2014 pukul 07.30.

Pelaksanaan Khotmil Qu`an Ibu-Ibu Kaum Musholla Baitussajidin yang diketuai oleh Hj. Rachmatia berjalan lancar dengan susunan acara sebagai berikut:
  • Pembukaan
  • Sambutan-Sambutan:
  1. Ketua Panitai (Ibu Hj. Rachmatia);
  2. Ketua Kaum Musholla Baitussajidin (Slamet Zabidi);
  3. Kepala Desa Penusupan (Bpk. Khalimi);
  4. Ketua Al-Fatah (rencananya disampaikan oleh Bpk. Idha Syifa`i kemudian diwakili oleh Bpk. Suharto)
  5. Perwakilan dari Peserta Khotmil Qur`an (Ibu Maesun)
  • Pembacaan Kalam Illahi oleh Ustadzah Mahmudoh
  • Acara Inti (Tauziyah) yang disampaikan oleh Al Ustad Aqna Taklifi diiringi grup Hadroh Al Fatah
  • Doa Penutup
Saat berlangsung acara inti, Tausiyah, dibawakan sebuah senandung untuk peserta khataman oleh Al Ustad Aqna Taklifi yang diiringi Group Hadroh Al Fatah. Berikut ini video tampilannya:
Disampaikan oleh banyak pihak, bahwa Khatam bukan merupakan akhir melainkan gerbang awal untuk lebih mendalami Al-Qur`an. Semoga, moment khatam Al-Qur`an dapat memotivasi masyarakat dan generasi berikutnya untuk lebih giat, rajin, dan tekun mempelajari Al Qur`an. Amien...66X.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Khotmil Qur`an Ibu-Ibu Dukuh Kluwih Penusupan Pangkah Tegal"

Post a Comment

Silahkan menulis komentar untuk kebaikan anda, saya, dan orang lain...