Jumat, 14 Juli 2017

6 Destinasi Wisata Kabupaten Tegal Yang Wajib Anda Kunjungi

Bagi anda pemburu wisata dan kenyamanan tempat rekreasi mungkin sudah tidak asing lagi berkunjung di wilayah Kabupaten Tegal. Namun tidak ada salahnya kami mengingatkan anda untuk datang kembali membawa keluarga dan orang-orang tercinta merasakan sensasi petualangan wisata di Kabupaten Tegal.

Postingan ini selain untuk mengingatkan anda yang sudah berkunjung, juga sebagai media promosi objek wisata Kabupaten Tegal bagi yang belum mengenal agar datang dan merasakan kenikmatannya. Silahkan simak...

1. Objek Wisata Guci

Objek wisata Guci menyajikan pemandangan alam pegunungan yang masih asri, udara yang sejuk, dan penuh nuansa hijau nan menakjubkan, Guci merupakan tempat yang tepat sebagai destinasi objek wisata. Secara geografis Guci terletak di lereng Gunung Slamet, 33 km dari Kota Slawi ke arah selatan, dengan ketinggian 1.050 m – 1.250 m dpl. dan memiliki luas 20 ha.

Objek wisata Guci memiliki beberapa air terjun dan pancuran air panas, diantaranya pancuran 5, pancuran 7, dan salah satu yang paling terkenal adalah sumber air panas Pancuran 13. Sumber air panas Guci kaya akan kandungan unsur belerang dan mineral lain yang baik untuk kesehatan kulit dan tidak menimbulkan bau, berwarna jernih, tidak berasa serta mengalir terus menerus. Pada moment tertentu, tradisi mandi bersama juga dilaksanakan setiap malam Jumat Kliwon dan menjadi mitos yang dipercaya oleh wisatawan dapat mendatangkan keberkahan.

Fasilitas lain yang disediakan pengelola dan pengembang Guci diantaranya seperti Hotel, Vila, Home Stay, Restoran, Area Bermain, Wisata Edukasi, Out Bond, Bumi Perkemahan, Waterboom, Kuda Wisata, Suvenir, Kolam Renang Air Panas. Jadi, bagi anda yang datang dari jauh atau ingin refreshing, bisa menginap dan beristirahat sambil menikmati fasilitas yang penuh dengan kenyamanan.

2. Objek Wisata Purwahamba Indah

Purwahamba Indah atau biasa dikenal dengan Purin merupakan objek wisata yang memiliki karakteristik Pantai Utara Jawa dengan kecepatan angin sedang dan ombak yang tidak terlalu besar sehingga aman dijidaikan sebagai tempat bermain anak-anak dan keluarga. Akses untuk menuju Purin sangat mudah karena terletak di jalur Jalan Pantura.

Purin memiliki luas 13,5 ha dan jarak tempuh dari Kota Slawi sekitar 20 km ke arah timur.
Tempat rekreasi ini menyediakan beberapa fasilitas seperti Hotel, Rumah Makan, Kolam Renang, Waterboom, Anjungan Wahana Dirgantara berupa Pesawat Boeing 737-200, Arena Bermain. Lengkapnya fasilitas dan keindahan kawasan Pantai Purwahamba Indah ini mnjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata unggulan Kabupaten Tegal.

Berwisata di Purwahamba memiliki kepuasan tersendiri. Jadi, bagi anda yang menyukai pemandangan laut dan pantai, Purwahamba Indah atau Purin bisa menjadi rencana kunjungan saat libur anda.

3. Objek Wisata Tirta Waduk Cacaban

Objek wisata lain di Kabupaten Tegal yang juga terkenal ramai dikunjungi adalah Waduk Cacaban. Lokasi Waduk Cacaban berjarak 12 km dari Kota Slawi ke arah timur yang terletak di Desa Penujah, Kecamatan Kedung Banteng dan diresmikan oleh Presiden RI Ir. Soekarno pada tahun 1952. Objek wisata ini memiliki luas 40 ha dengan ketinggian antara 85 m – 600 m dpl dan merupakan merupakan kombinasi antara Pemandangan Air dan Pegunungan.

Fasilitas yang tersedia bagi pengunjung diantaranya warung makan apung, areal pemancingan, wisata air, perahu dayung, kapal motor, mushola, dan gardu pandang sehingga pengunjung dapat menikmati hamparan luas pemandangan indah Waduk Cacaban.

Selain itu, di tengah-tengah danau buatan ini terdapat 4 pulau yaitu Pulau Kenanga, Pulau Winong, Pulau Gendu, dan Pulau Rayan yang dapat dikunjungi oleh wisatawan dengan menggunakan kapal motor. Fasilitas dan keindahan objek wisata Cacaban yang sangat menunjang bisa dijadikan sebagai sebagai tempat wisata dan rekreasi keluarga. Jadi, silahkan ajak keluarga anda untuk menikmati suasana alam yang tenang dan asri di Waduk Cacaban.

4. Objek Wisata Kalibakung

Obyek Wisata Kalibakung termasuk dalam program pengembangan wisata unggulan yang akan melengkapi perjalanan wisata di Kabupaten Tegal. Memiliki luas 4 ha dengan jarak tempuh dari kota Slawi 7 km ke arah selatan. Berada di daerah dataran tinggi Kalibakung dengan ketinggian 650 m dpl. Udara yang sejuk menjadikannya tujuan wisata yang cocok untuk rekreasi atau sekedar melepas penat.

Menghadirkan konsep wisata alam herbal, griya jamu dengan area tanaman herbal melalui sebuah program Wisata Kesehatan Jamu (WKJ). Berkunjung disini selain untuk berekreasi juga memberikan edukasi tentang manfaat dan kegunaan dari tanaman obat-obatan. Memiliki fasilitas cukup lengkap seperti kolam renang, penginapan dan ruang pertemuan. Selain itu Obyek Wisata Kalibakung juga berdekatan dengan Obyek Wisata Guci, sehingga bisa dijadikan dalam satu agenda untuk berkunjung di dua objek wisata sekaligus.

5. Rumah Wayang

Hasil penulusuran admin, terdapat Rumah Wayang Kabupaten Tegal Berlokasi di Rumah Dinas Bupati Tegal dan diresmikan pada tanggal 18 Mei 2015 oleh Bupati Tegal Ki Enthus Susmono. Memiliki koleksi berbagai macam wayang dan benda-benda pusaka yang merupakan koleksi pribadi Ki Enthus Susmono. Rumah Wayang dibuka untuk umum dan pengunjung tidak dikenakan biaya. Unik dan menarik serta kaya akan nilai-nilai luhur menjadikan Rumah Wayang wajib untuk dikunjungi.

Selain melihat koleksi wayang, ada juga set gamelan yang bisa digunakan, namun tentu saja dengan ijin terlebih dahulu kepada petugas yang berjaga pada saat itu. Set gamelan tersebut ada di Pendopo Rumdin, di pintu masuk Pendopo terdapat sebuah kereta kencana yang cocok untuk berfoto-foto.

Mengunjungi Rumah Wayang selain untuk berekreasi juga menambah pengetahuan kita akan kekayaan budaya Nusantara yang tak ternilai harganya dan menjadi kebanggaan Kabupaten Tegal dan Bangsa Indonesia.

6. Museum Situs Purbakala Semedo

Semedo merupakan nama desa dengan tekstur perbukitan yang menyatu bersama Pegunungan Serayu Utara di Kecamatan Kedungbanteng, 30 kilometer sebelah timur kota Slawi atau 20 kilometer dari Suradadi, Kabupaten Tegal. Semedo semula hanya sebuah desa biasa yang sebagian besar penduduknya bermatapencaharian sebagai petani dengan membuka lahan perbukitan untuk bercocok tanam.

Mulai dikenal sejak tahun 2005, ketika beberapa orang penduduk Desa Semedo – Dakri, Duman, Sunardi, Anshori – menemukan fosil-fosil binatang vertebrata di kawasan hutan Semedo, kemudian LSM Gerbang Mataram mengekspos temuan fosil-fosil binatang vertebrata dari hutan Semedo ke media cetak dan elektronik. Selanjutnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal melaporkan temuan tersebut kepada Bupati Tegal, dan meminta kepada Balai Arkeologi Yogyakarta untuk melakukan penelitian.

Saat ini Pemerintah Kabupaten sedang membangun Museum Purbakala Semedo seperti Museum Purbakala di Sangiran dan menjadikannya pusat situs zaman Pra Sejarah. Situs Semedo lebih tua dari situs di Sangiran. Terbukti, fosil yang kali pertama ditemukan di Semedo, usianya sekitar 1,5 juta tahun dan 700.000 tahun yang lalu. Nah, kalau Museum Situs Purbakala memiliki karakeristik unik sebagai tempat wisata edukasi.

Semoga postingan ini dapat menjadi media persuasi bagi anda untuk bersama memperkenalkan Objek Wisata Kabupaten Tegal di kancah Nasional dan Internasional.

Diolah dari sumber link: http://disparbudkabtegal.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan menulis komentar untuk kebaikan anda, saya, dan orang lain...

Artikel Terbaru Komukote