Manfaat Memberikan Asi Yang Baik Versi RSU Islam Harapan Anda

Mengutip beberapa banner yang dipasang di dinding ruang periksa kebidanan dan kandungan serta anak Rumah Sakit Umum Islam 'Harapan Anda' Kota Tegal:
Tidak ada yang lebih baik dari Air Susu Ibu (ASI) untuk bayi.
Bukan hanya dalam bentuk tulisan, rumah sakit ini juga benar-benar konsisten dan secara tegas dalam pelayanannya tidak memperkenankan susu formula masuk. Hal ini dialami sendiri oleh istri penulis ketika melahirkan bayi pertamanya di rumah sakit ini.

Perjuangan Mempertahankan ASI dari Godaan Susu Formula

Pada awal kelahiran anak pertama kami, Optima Auqotus Shifa, proses keluar ASI ketika Ibunya akan menyusui tidaklah mudah. Saat menghadapi kepanikan dan menjelang putus asa, kami mencoba konsultasi untuk memberikan susu formula kepada perawat. Namun, merekapun menjawab:
"Jangan berharap kami akan memberikan susu formula... Jika menyayangi bayi anda, silahkan berikan ASI anda...".
Mendapat jawaban seperti itu, akhirnya Si Ibu berupaya keras agar bisa memberikan ASI kepada anaknya. Berkali-kali Si Ibu juga membujuk dan memberi motivasi kepada Si Anak agar tetap berjuang mendapatkan ASI.

Memang, pada awalnya ASI tidak secara otomatis keluar dan langsung bisa dikonsumsi bayi. Setelah kelahiran bayi pertama dan proses inisiasi menyusui dini (IDM) selesai, kami harus bersabar dan menunggu agak lama agar ASI bisa dinikmati bayi dengan lancar. Bahkan, saat itu kami menunggu sejak pagi hingga sore hari dengan iringan tangis bayi yang hanya mendapat olesan madu di bibirnya.

Manfaat Memberikan ASI

Selepas sholat Ashar, perlahan ASI pun mulai keluar. Sedikit-demi sedikit ASI bisa dinikmati Sang Anak hingga kemudian menenangkan Sang Ibu. Beberapa hal yang bisa diambil dari proses ini diantaranya adalah manfaat memberikan ASI secara umum:
1. Melatih kerjasama antara ibu dan anak
2. Simbol berbagi yang merupakan bagian dari simbiosis mutualisme
3. Memberikan pola bagi regenerasi yang lebih baik

Cara Memberikan Asi Yang Baik Versi RSU Islam Harapan Anda Kota Tegal

Belajar dari kejadian tersebut, maka momen itu kami abadikan melalui tulisan sebagai usaha berbagi pengetahuan bersama. Dari Manajemen Rumah Sakit Umum Islam "Harapan Anda" juga tulisan tentang Cara Memberikan ASI Yang Baik ini didapat, diantaranya:
  1. Ibu Merasa Senang Saat Menyusui. Saat menyusui, seorang ibu memerlukan ketenangan pikiran dan sebaiknya jauh dari perasaan tertekan (Stress), karena hal itu akan menghambat pengeluaran oksitosin yang berpengaruh terhadap ASI;
  2. Bayi melekat dengan baik sehingga ia menyusui efektif. Isapan atau perahan bayi menjadi efektif bila bayi melekat dengan baik sehingga bayi mudah memerah ASI;
  3. Bayi menyusu sesering dan semau dia. Produksi ASI akan semakin meningkat dengan isapan pada payudara secara dini dan sering karena secara reflek isapan tersebut akan semakin meningkatan kadar prolaktin;
  4. Lingkungan yang mendukung kegiatan menyusui.
Hamdallah, motivasi ini bisa diterapkan untuk ketiga anak kami hingga lebih dari satu tahun. Terima kasih RSU Islam Harapan Anda Tegal. Sebagai catatan, foto hanyalah ilustrasi yang bertujuan untuk mempermanis artikel sekaligus merupakan upaya admin menyembunyikan privasi dengan cara yang vulgar.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Memberikan Asi Yang Baik Versi RSU Islam Harapan Anda"

Post a Comment

Silahkan menulis komentar untuk kebaikan anda, saya, dan orang lain...